Ruang Sederhana Berbagi

Rabu, April 10, 2013

Membukukan Perjalanan


"Buku ini akan bersifat lebih universal, lebih menyeluruh dan lebih menggambarkan bagaimana Gandawesi menjadi bagian penting dalam membangun kehidupan mental seorang Gandawesi"  
Gandawesi : Meretas Jalan Membangun
 Generasi Peduli Lingkungan
Cita-cita membuat sebuah buku tentang perjalanan Gandawesi sudah tertanam jauh sebelum akhirnya mewujud pada tahun 2010. Ini berawal dari tercecernya dokumen penting yang memuat laporan perjalanan dan juga catatan-catatan lainnya. Jika seandainya catatan yang tercecer itu disatukan dalam sebuah bundel kemudian dikemas dalam bentuk yang menarik, mungkin lebih baik. Ide bundel laporan makalah sudah dilakukan oleh teman saya. Dari dokumen bundel itu, banyak yang belajar tentang Teknik Hidup di Alam Bebas. Sementara laporan perjalanan, belum ada yang membundel.
Sebenarnya Gandawesi sendiri bisa dibilang bukan untuk yang pertama kalinya mengeluarkan sebuah catatan perjalanan, jurnal, catatan kegiatan, artikel, yang memang biasa dimuat dalam Blog, Buletin Gandawesi, maupun Majalah Dinding Gandawesi. Akan tetapi, khusus untuk buku ini yang dikemas berbeda dari yang sudah ada belum mewujud.
Dibuatlah  tim kerja pembuatan buku. Tim ini yang harus membuat perumusan, sampai distribusi, beberapa anggota bertugas untuk mencatat beberapa file perjalanan anggota Gandawesi yang juga akan menjadi menu pelengkap pada beberapa halaman di dalamnya.
Buku itu kemudian memuat tiga segmen utama, yaitu catatan tentang sejarah berdirinya Gandawesi, perjalanan kegiatan Gandawesi dari awal sampai sekarang, dan beberapa catatan yang ditulis oleh anggota berdasarkan pengalamannya masing-masing, disamping bubuhan kisah-kisah serta artikel lainnya yang menarik untuk dibaca.
Sangat menarik, karena banyak pengalaman dari sekedar merangkum banyak catatan kemudian membukukannya. (Iden Wildensyah)
Share:

0 komentar:

Postingan Populer