Ruang Sederhana Berbagi

Selasa, Desember 23, 2014

Camping Bersama Anak

Dalam pendidikan holistik, bergiat di alam terbuka adalah sebuah hal yang menyenangkan. Ada banyak muatan pendidikan hidup saat anak-anak camping. Dengan camping di alam terbuka, anak bisa bebas bermain sambil belajar untuk hidup mandiri. Alam terbuka mengajarkan kita kemandirian. Misalnya mengurus diri sendiri saat kedinginan, memasak sendiri, dll.
Camping (www.pixgood.com)
Berkemah dengan anak membutuhkan ekstra persiapan. Persiapan yang matang sangat diperlukan demi kelancaran acara di alam terbuka. Dari pengalaman memfasilitasi camping anak-anak, persiapan teknis dan nonteknis itu sangat penting. Misalnya menyiapkan mental anak-anak tentang kondisi alam terbuka yang kadang tidak bisa diprediksi. Kalau bersama anak yang berkebutuhan khusus, persiapan ekstra harus lebih lagi agar mereka juga sama-sama siap untuk bergiat.

Ada beberapa tips praktis untuk anda jika hendak berkemah dengan anak yang saya rangkum dari berbagai sumber. 
1. Pilih waktu yang tepat
Bergiat di alam terbuka itu unpredictable. Cuaca bisa berubah sewaktu-waktu. Kalau sedang musim hujan bisa tiba-tiba hujan besar atau hujan gerimis. Lebih parah lagi kalau tiba-tiba ada badai. Nah untuk menyikapi ini, pilihlah saat waktu relatif stabil. Cuaca tidak cepat berubah sehingga alur acara di alam terbuka bisa lancar.

2. Pastikan kondisi tenda aman dan nyaman
Pilihlah tenda dengan ukuran yang pas sesuai kebutuhan agar bisa istirahat nyaman. Jangan kebesaran atau juga kekecilan. Kondisi tenda yang prima, struktur yang kuat, dan tahan angin juga tahan air. Pilih juga tempat camping yang kering, terlindung dari angin, dan pastikan letaknya dekat dengan sarana umum misalnya toilet. 
Dengan kondisi tenda yang baik dan nyaman, anak bisa istirahat dengan optimal dan siap untuk petualangan keesokan harinya.

3. Siapkan perlengkapan dengan baik
Perlengkapan seperti baju hangat, raincoat, baju ganti, dll perlu dipersiapkan dengan matang. Perlengkapan yang baik disimpan dalam tas, dipacking dengan tepat agar tidak berantakan saat memasukan atau mengeluarkan barang-barang saat dibutuhkan.

4. Bekal makanan bergizi
Makanan adalah faktor penting selama bergiat di alam terbuka. Makanan memungkinkan anak untuk bergiat dengan optimal mengikuti semua rangkaian acara. Sesuai tahap tumbuh kembangnya, di fase anak-anak ini makanan sangat penting. Anak-anak bahkan cenderung lebih mudah lapar. Sediakan makanan ringan yang praktis untuk mengantisipasi kondisi darurat.

5. Dekat dengan sumber air bersih
Air bersih adalah kebutuhan primer dimanapun berada terutama saat camping bersama anak-anak. Untuk itu pilihlah lokasi camping yang memiliki akses ke tempat air bersih. Jika tidak ada, siapkan bekal air bersih sebanyakmungkin. Air sungai bisa menjadi alternatif. Sumber air sungai di gunung relatif lebih bersih dan karena belum tercemar. Mandi di sungai bisa menjadi pengalaman menarik buat anak-anak. Pastikan selalu dalam pengawasan orang dewasa agar keamanannya terjaga.

6. Bawa mainan atau buku cerita
Tujuan camping bisa menjadi alternatif untuk melepaskan kebiasaan rutinitas sehari-hari. Lepasnya rutinitas dalam keseharian anak-anak akan terasa berat buat mereka. Gejala yang muncul dari mereka misalnya rewel pada jam-jam tertentu. Nah untuk mengantisipasi hal ini, buku cerita dan mainan kesayangannya akan mengobati rewel tersebut. Paling tidak bisa menjadi pengalih perhatian mereka. Pada saat-saat tertentu, membacakan buku cerita di alam terbuka akan memberikan pengalaman yang baru buat anak-anak.

Camping bersama anak-anak bisa menghadirkan pengalaman menarik buat mereka. Sebaik-baiknya guru adalah pengalaman. Semakin banyak anak merasakan pengalaman secara langsung, ia akan belajar banyak dari pengalaman tersebut. Jadi, ayo persiapkan acara camping bersama anak-anak. Dijamin seru!

Share:

0 komentar:

Postingan Populer