Ruang Sederhana Berbagi

Senin, November 07, 2016

Pentingnya Membangun Semangat Pembelajaran Mendalam

The essence of deeper learning is changing the manner in which we work with young people.” –Superintendent James Merrill, Virginia Beach Public Schools.

Belajar adalah pengalaman yang dimaknai. Pengalaman yang dimaknai akan membuat kita mengingat semua hal yang kita pelajari. Bagaimana kita memaknai lebih dalam dan bagaimana kita membagi makna tersebut kepada anak-anak adalah salah satu inti pembelajaran mendalam atau dikenal juga dengan nama deeper learning.
Pentingnya Membangun Kemampuan Berpikir Mendalam Untuk Anak-anak 

Saya mengistilahkannya bukan sekadar saja. Bukan sekadar menyampaikan materi, bukan sekadar memberi tahu, bukan sekadar membiasakan. Tetapi lebih dalam dari itu, membuatnya bermakna. Sebuah penjumlahan matematika akan menjadi hanya penjumlahan saja jika tidak dimaknai sebagai bagian dari kehidupan. Kita bisa menghantarkan lebih dalam untuk anak-anak. Harapannya, kelak anak-anak selain mengerti tentang cara-caranya tetapi anak terbiasa juga untuk berpikir secara mendalam pada sesuatu yang ada di sekitar mereka atau pada pengalaman yang mereka dapatkan. Tidak hilang begitu saja.

Hal utama yang harus menjadi perhatian adalah prosesnya berjalan mulai dari fasilitator, guru, orangtua atau siapapun. Anak-anak akan terbiasa bahkan sampai pada tahap menjadi itu melalui proses pembiasaan dari luar. Fasilitator penting untuk memberi referensi tentang berpikir mendalam ini.

Dalam praktiknya, berpikir mendalam bisa dilakukan dengan cara membangun pondasi nilai-nilai baik setiap hari melalui diskusi, worksheet, permainan, dan karya. Melalui penghantaran yang konsisten setiap harinya, nilai-nilai baik itu akan muncul tanpa disadari dalam keseharian anak-anak. Misalnya anak menjadi lebih berpikir solutif ketimbang saling menyalahkan. Anak menjadi lebih tenang dan damai karena merasa menjadi bagian penting dalam berkelompok.

Dalam berinteraksi dengan teman, nilai-nilai baik ini seolah tertanam setiap saat. Kita tidak tahu kedalamannya dalam setiap diri anak saat ia memaknai peristiwa yang terjadi. Kita juga tidak akan tahu proses 'ngajadi' dalam diri anak-anak. Tetapi yang tetap harus kita lakukan adalah terus berusaha menanamkan nilai-nilai baik ini setiap hari. Keseharian yang baik akan menjadi referensi bagi anak kelak ketika ia menjalani hidup secara mandiri.


Share:

0 komentar:

Postingan Populer